Selasa, 26 Mei 2009

Kitab-kitab penuntut ilmu

Soal : Kitab Apa sajakah yang Anda nasehatkan untuk dibaca bagi para pemuda yang baru menuntut ilmu syar'i

Jawab : Dalam Bidang fiqih kami menasehatinya -bagi yang baru belajar- untuk membaca fiqih sunnah karya As Sayyid Sabiq dengan bantuan beberapa sumber lainnya seperti subulus salaam, jika merujuk Tamaamul Minnah maka akan menjadi lebih kuat baginya, dan saya menasehatkan juga untuk membaca ar-Raudhah an-Nadiyyah.

Adapun dalam bidang tafsir, maka hendaklah ia membiasakan membaca tafsiir al-Qur-aanil 'Azhiim karya Ibnu Katsir, meskipun panjang lebar dalam beberapa pembahasan namun ia adalah kitab tafsir terbaik untuk saat ini.

Sedangkan dalam masalah nasehat dan raqaa-iq (kelembutan hati) hendaklah ia membaca kitab Riyaadush Shaalihiin oleh Imam an-Nawawi.

Berkaitan dengan kitab 'aqidah, saya nasehatkan untuk membaca kitab Syarh Al-'Aqiidah ath-Thahawiyyah karya Ibnu 'Abil 'Izz Al Hanafi disertai ta'liq (komentar) dan syarah (penjelasan) saya terhadap kitab tersebut.

Kemudian untuk pemahaman agamanya secara umum hendaklah ia mempelajari kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan murid beliau, Ibnu Qayyim al-Juziyyah-rahimahumallaah- yang saya yakini bahwa keduannya termasuk para ulama kaum muslimin yang jarang (tandingannya) yang berjalan di atas manhaj Salafush Shalih dan fiqih mereka disertai ketaqwaan dan kebaikan yang ada pada keduanya -dan kami tidak mensucikan seseorang pun di sisi Allah- (Syaikh Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah)

=================================================================
majalah al-Ashalah (Hal 59-60 edisi V tahun 1413 H)
kami kutif dari :

Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga "Panduan Menuntut Ilmu", Pustaka At-taqwa, Ust. Yazib Bin Abdul Qadir Jawas, halaman 304-305, cetakan ketiga